Kamis, 19 Mei 2016

Perkembangbiakan ikan Black Ghost



Ikan Black Ghost, atau ikan hantu (ikan setan) demikian sebutannya di Indonesia,

merupakan ikan hias yang berasal dari sungai Amazon, Brazil, Amerika Selatan. 
" Black Ghost " merupakan ikan pendamai, yang ukurannya dapat mencapai 50 cm, tubuhnya memanjang dan pipih dengan warna tubuh hitam. Ikan ini digolongkan kedalam ikan pisau (Knifefishes), karena secara keseluruhan bentuk tubuhnya menyerupai pisau melebar dari bagian kepala dan badan kemudian melancip dibagian perut.


Wadah pemeliharaan & perlengkapan
  • Akuarium ukuran ( 40 x 40 x 80 ) cm sebagai tempat pemeliharaan indukan sekaligus tempat pemijahan dilengkapi dengan tempat penempelan telur berupa baki plastik yang diisi dengan batu, atau batang pohon pakis.
  • Akuarium ukuran ( 60 x 40 x 40 ) cm sebagai tempat penetasan telur.
  • Instalasi aerasi berupa blower, selang aerasi dan batu aerasi.  
  • Peralatan lain seperti selang untuk mengganti air, soope net dan alat-alat pembersih akuarium (sikat,dll)  
Pemberian pakan   

  • Pakan yang dapat diberikan untuk induk black ghost yaitu cacing darah (bloodworm) atau cuk merah (larva Chironomus), dan jentik nyamuk.
  • Cacing darah diberikan setiap pagi hari setelah penyiponan kotoran, yaitu pada pukul  09.00 WIB, dan sore hari pukul 16.00 WIB. 
  • Cuk merah dan jentik nyamuk juga dapat diberikan pada sore hari. Pemberian pakan  dilakukan dengan cara menyebarkan pakan langsung pada dasar bak pemeliharaan secara merata. Jumlah pakan yang dipelihara disesuaikan dengan jumlah induk yang dipelihara.

Pengelolaan Air

  • Pergantian air dilakukan sebanyak 20-30% setiap harinya, serta pemberian aerasi sebagai suplai oksigen.



Pencegahan dan Penanganan Penyakit

  • Penyakit yang umum ditemui dalam pemeliharaan black ghost ialah white spot yang disebabkan oleh protozoa Ichtyopthirius multfihiis
  • Untuk pencegahan, setiap seminggu sekali diberi methylen blue dengan dosis 0,2 ppm dan 50 gram garam.   
  • Sedangkan untuk pengobatan, diberi methylen blue dan garam dengan dosis dua kali lipat yaitu 0,4 ppm methylen blue dan 100 gram garam, serta ketinggian air diturunkan hingga setengah dan ketinggian bak/akuarium.  
Pemijahan Induk 

  • Wadah pemijahan induk black ghost yaitu berupa bak/akuarium yang sekaligus juga  digunakan sebagai wadah pemeliharaan induk.
  • Perlengkapan yang dibutuhkan ialah substrat atau tempat menempelnya telur yaitu akar pakis yang diapit oleh keramik, sehingga susunannya (dari bawah ke atas) satu keramik, tepat sejajar diatasnya diletakkan akar pakis dan satu keramik diatas pakis.
  • Peletakkan substrat tersebut biasanya dilakukan pada sore hari.
  • Pemijahan induk black ghost dilakukan dengan perbandingan 2 ekor betina dan 3 ekor jantan dimana dalam satu bak pemijahan terdapat 10 ekor induk.
  • Proses pemijahan biasanya berlangsung pada malam hari ditandai dengan kejar-mengejar antara induk jantan dan betina, setelah itu lama-kelamaan mendekati substrat yang berupa akar pakis dan terjadi pemijahan.
  • Pada pagi hari dilakukan pengecekan telur. Jika pada malam hari terjadi pemijahan, substrat akan dipenuhi dengan butiran-butiran telur black ghost yang menempel pada akar pakis
  • Telur-teIur yang tidak menempel pada substrat disedot dengan selang berdiameter 0,5 cm, kemudian ditampung dalam baskom dan segera dipindahkan ke dalam akuarium penetasan. 

Pemindahan Telur

Akar pakis yang telah berisi telur ikan Black Ghost diambil dan dipindahkan ke akuarium untuk pembenihan (ukuran 40 × 40 × 60 cm). Pengambilan pakis yang berisi telur dari kolam pemijahan dilakukan pada pagi hari setelah pada malam harinya induk jantan dan betina mengeluarkan sperma dan telurnya. Pengambilan diusahakan sepagi mungkin sebelum matahari terbit. Jumlah telur black ghost bisa mencapai 200-1000 telur.


Pemeliharaan Benih
Dalam waktu 3 hari telur akan menetas. Telur yang menetas ini merupakan telur yang fertil, telur fertil ditandai dengan warna telur yang kuning cerah yang diliputi lendir. Telur yang tidak menetas (berwarna putih susu) tidak akan menetas dan akan membusuk, telur-telur ini sebaiknya segera dibersihkan agar tidak mengganggu ikan yang baru menetas lainnya. Anak ikan Black Ghost yang baru menetas akan berwarna putih dan masih diliputi lendir. Anak – anak ikan Black Ghost akan berubah warna dari putih menjadi hitam pasa usia 7 hari, perubahan warna juga diikuti dengan menghilangnya lendir. Pada usia 10 hari anak – anak ikan Black Ghost dapat diberi makan dengan naupliartemia, sedangkan pada saat usia mencapai 14 – 16 hari anak – anak ikan Black Ghost dapat diberi makan dengan cacing rambut.

 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar